Perasaan jadi exchange student itu….

So, for this chance I’ll use Bahasa to make it more comfortable to be red lol😀

Gak terasa banget udah hampir lima bulan disini, artinya udah setengah jalan gitu ya hehehe yang awalnya bahasa inggrisnya ancur banget, sekarang udah mulai…. ya….  at least orang sini ngerti lah kita ngomong apa dan kitanya juga ngerti ini orang ngomong apa. Abis ya, kalo dipikir listening gue ancur banget sebelum kesini. Berkat host mom sering ngajakin nonton, plus ngobrol bareng temen2 disini listening skill improves a lot yessss!!

Disini gue sebenernya mau curhat gimana rasanya jd exchange student. Jujur, awalnya sih jd exchange student cuma pengen ngerasain pergi ke luar negeri, ketemu bule, jalan-jalan, terus juga keliatannya keren banget kan, apalagi gue mikirnya pas pulang pasti jd “main attention” gitu. Tapi, lima bulan disini ngubah alesan2 yg gue mention diatas tadi. Gak pernah mikir sebelumnya kalo responsible yang kita pegang tu gak semudah yang kita kira. Jadi exchange student berarti kamu  juga jd Duta dari negara asal kamu. Artinya, orang-orang di negera di mana kamu bakal di host, bakal ngeliat kamu sebagai gmabaran dari negara asal kamu, yang artinya lagi apa yang kamu lakuin bakal jadi cerminan atau reflection dari orang-orang di negara kamu berasal. Belum lagi, disini gue harus sekolah selama satu semster di salah satu High School di US. Gak jauh beda dari SMA gue di Indo, disini juga gue dapet banyak PR apalagi PR Math, untungnya SMA gue di Indo itu taraf nya udah International jd udah kebiasa pake Bahasa Inggris, tapi tetep aja sih harus bener2 merhatiin guru nya bilang apa, ngedip dikit mah bakal lewat apa yang dia jelasin.

Dan satu hal lagi yang harus bener-bener diperhatiin kalo jadi exchange student; milih temen yang baik-baik. Tau kan gimana bebasnya pergaulan disini? Bukan mau naku-nakutin sih, but seriously kamu disini sebagai duta, jadi kamu juga harus ngelakuin hal-hal yang bisa ngebuat persepsi anak-anak disini tentang negara kamu itu baik🙂

to be continued…

Leave a Reply

